Rabu, 28 November 2012

BERKUNJUNG KE POLSEK

Untuk belajar melakukan wawancara  kami berkunjung ke Polsek Pajangan. Sesampainya di Polsek kami bertemu dan berkenalan dengan Pak Yonex, tetapi Pak Yonex meminta kami memanggilnya dengan sebutan ‘Om’ saja. Om Yonex orangnya baik, dan bisa diajak bercanda. Om Yonex merupakan anggota Sabara. Biasanya kalau jadwal piket Om Yonex bekerja 24 jam dari jam  08.00 pagi dan pulangnya pukul 08.00 hari berikutnya.  Jika tidak ada jadwal berarti Om Yonex menikmati hari libur.

Om Yonex, dalam melayani dan  menangani laporan lisan atau tertulis dari masyarakat dilakukan sesuai prosedur yang ada/sesuai Kode Etik Kepolisian (UU No. 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia). Tak jarang Om Yonex menemui permasalahan yang diakibatkan kurang sadarnya masyarakat tentang hukum, termasuk kenakalan remaja sekarang ini”.
Wilayah kerja Polsek Pajangan di Kecamatan Pajangan terdiri dari tiga desa. Menurut Om Yonek, dari ketiga desa tersebut yang sering terjadi kenakalan remaja adalah Desa Guwosari. Jenis kenakalan remaja yang sering terjadi adalah perkelahian, penganiayaan, penipuan, dan pencurian. Perkelahian dan penganiayaan disebut dengan tindak pidana sedangkan penipuan dan pencurian disebut dengan tindak perdata. Polmas (Polisi Masyarakat) merupakan polisi yang melekat pada masyarakat, caranya dengan penyuluhan atau sosialisasi tentang hukum dan dampaknya. Selanjutnya Om Yonex menjelaskan macam-macam fungsi dalam polisi antara lain :  Reserse, Shabara dan Intel. 
Setelah kami berwawancara dengan Om Yonex, kami diantar ke ruangan-ruangan kepolisian. Lalu kami berfoto-foto  dengan Om Yonex dan berpamitan. Tidak lupa kami  berterima kasih kepada Om Yonex karena telah menerima kami dengan ramah dan memberi informasi yang berguna pada. 

(reporter: Diah Intan Pramasti, Purwaningsih, Nikita Farah, Rizki Kusuma Widiyanti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar